Sabtu, 04 Mei 2013

Selfhaircut, berhasil atau bernasib??




sumber : google image

Selfhaircut a.k.a motong rambut sendiri. Hari ini hari sabtu, disekolah gw biasanya ada razia rambut pas hari sabtu. Jadi rambut yang ga sesuai tata tertib sekolah bakal dipotong/digunting sesuai peraturan. Yang cewe rambut cepak, yang cowo rambut panjang se bahu (loh! Kebalik).




Dan rambut gw udah panjang ngelewatin kuping, calon-calon dipotong sama guru nih. Kalo dipotong trus jadi mirip Harry Potter sih ga apa-apa, masalahnya kalo guru yang motong, engga tau kenapa, jadinya pasti mirip tukul, jadi kotak gitu, rambut bagian atasnya jadi rata. Samping kiri - kanan juga jadi rata. Ga bagus pokoknya.




Karena jam udah nunjukin arah jam 11 dan 2 jam lagi udah jam masuk sekolah (belom lagi jalan dari rumah ke sekolah yang jauh banget).


Dengan menggunakan muka melas sok cute ala Pussy in the boots, Gw pun minta, memohon ke nyokap gw buat motongin rambut gw.




"ma, potongin rambut dong, bentar lagi masuk, ga sempet ke pangkas rambut"




"engga ah!"




she's my Mom!


Jawaban sesingkat itu udah mengintimidasi gw, darah gw serasa beku, nyali gw menciut. Sebenernya bukan karena kata-katanya sih, pas jawab gitu nyokap gw sambil megang basoka soalnya.




Karena nyokap udah nolak dan ga ada yang bisa bikin dia mengiyakan permintaan gw selain hipnotis Rommy Rafael. Gw pun muter otak nyari cara gimana rambut gw bisa jadi pendek tapi tetep terlihat cool tanpa bantuan sihir 'rambut keren' ala nyokap dan/atau teknologi gunting, sisir, dan bedak yang bikin asma ala om-om di pangkas rambut. Gw pun berinisiatif buat motong rambut gw sendiri, SENDIRI!!!




Dengan senjata gunting berukuran 8cm dengan lobang guntingnya yang super kecil (jari jempol sama telunjuk ga muat), dan sebuah kaca dari bekas kotak bedak jadul punya nyokap, dan juga sisir yang disela-selanya ada item-item (kepala bisa dakian ga sih?). Gw pun mulai memangkas rambut gw sendiri tanpa keahlian buat ngelakuin itu. Kaca jadul gw diriin diatas tempat sabun. Kepala miring ke kiri, jambang gw sisir dari bawah ke atas. Test gunting, daaaaann gunting sini - gunting sana. Gw ngelakuin hal yang sama disisi lain rambut gw. Dan setelah kepala miring ke kiri dan kanan, sampe-sampe tulang leher pindah ke paha. Proses pengguntingan pun selesai. Ngaca-ngaca sebentar, naikin kaca, miringin kepala ke kiri - kanan. Semua terlihat indah (menurut gw).




Gw pun bersiap buat sekolah. Ganti baju sekolah, masukin buku pelajaran yang diperluin, bedakan, lipstikan. Oh engga! Itu boong, gw cowo!




Gw pun ber siap ke sekolah sambil mikirin respon temen-temen gw akan potongan rambut gw. Dan mikirin jawaban kalo misalnya ada pertanyaan gini...



"rambut lu kok ga rata?"



"itu rambut lu yang kanan miring?"



"itu muka lu miring?"



yang paling dihindarin itu pertanyaan yang terakhir. Alesan 'gw motong rambut gw sendiri' itu konyol, konyol banget! Bisa-bisa gw diketawain. Mungkin alesan 'guntingnya kurang tajem' bisa jadi alesan yang kuat (rada konyol juga sih, udah tau ga tajem kenapa dipake).




Setelah memakan waktu 1.248 hari, gw pun nyampe sekolah. Pas masuk gerbang ga ada yang negor tentang rambut gw. Yaiyalah, gw juga ga kenal satpamnya. Nyampe depan pintu kelas jantung gw kaya lagi perang dunia 2, rame banget. Jantung gw kaya ada yang lagi maen drum, kaya lagi ada yang maen keyboard juga, kaya lagi ada yang main gitar sama bass. Ini jantung apa Kangen band ya?




Dengan beraninya gw melangkahkan kaki gw untuk masuk kedalam kelas. jangan nanya gimana rasanya pas masuk kelas, rasanya tuh kaya lagi di gerbang mau ke neraka dengan temen - temen gw sebagai iblisnya dan pertanyaan "lu abis potong rambut ya?" sebagai siksaannya.



di dalem kelas temen - temen gw lagi ngerumpi (iya, mereka cowo dan mereka ngerumpi). Saat gw jalan ke arah tempat duduk gw, bener aja, ada yang nanya "lu potong rambut?". DOOOOORRR!! rasanya kaya kena headshot waktu maen PB. dengan singkatnya gw jawab



"iya, kenapa emang?"



"ga papa, bagus kok!"



headshotnya ga jadi, pelurunya keluar lagi dari kepala. gw seneng banget pas hasil mahakarya gw dibilang bagus. Padahal, DEMI TUHAAAANN!!, gw ga pernah motong rambut gw sendiri. hasil jerih payah gw miringin kepala pas potong rambut sampe tulang leher pindah ke paha, akhirnya membuahkan hasil. Ga ada siksa batin yang gw terima sampe jam pulang sekolah. oleh karena itu, gw mau berterima kasih kepada Tuhan karena telah memberikan tangan yang super Keren kepada gw sehingga gw bisa menggunting rambut gw sendiri.



Tadinya pengen upload foto biar keliatan Before - After dari hasil mahakarya gw. Tapi berhubung saat itu lagi buru - buru dan ga punya waktu buat narsis. jadinya yaaaa cuma cerita aja yang bisa gw kasih ke lo semua.



Dan Perhatian buat lo yang pengen motong rambut sendiri. Gw mau ngasih sedikit tips sebelum lo mutusin buat motong rambut lo sendiri.



1. PERSIAPKAN MENTAL.

    Seperti yang gw ceritain barusan, kalo lo siap buat motong rambut lo sendiri, berarti lo juga siap buat di ejek karena hasil motongan rambut lo. Kenapa gitu? karena lo ga bisa ngeliat sekeliling kepala lo buat ngeliat hasil dari potongan lo (kecuali lo bisa nyopot mata lo supaya bisa ngeliat sekeliling kepala lo, dan naro' mata lo kembai seperti semula dan mata lo juga bisa bekerja dengan baik). dalam hal ini, kaca ga membantu lo buat ngeliat sekeliling rambut lo. mata tetep yang terbaik.



2. PERSIAPKAN ALAT - ALAT YANG BAIK.

    Alat - alat semacem gunting, sisir, dan kaca harus dipilih secara baik untuk hasil yang baik. Jangan pake' gunting yang lobangnya kecil kaya yang gw pake' (jari telunjuk sama jempol ga muat) karena nyusain, dan juga jangan pake' gunting rumput kalo emang ga ada gunting, dikhawatirkan bukan rambutnya yang kepotong tapi kepalanya.



3. PERSIAPKAN TUKANG URUT.

    Seperti dalam kasus gw barusan yang gw ceritain. Proses ngaca sampe miringin kepala 180 derajat akan membuat tulang leher lo pindah ke paha. so, berhati -  hatilah.



4. DEKATKAN DIRI KEPADA TUHAN YME.

    Berkaca dari apa yang gw alami, mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa sangat, sangat, dan sangat diperlukan. Agar lo tetap berpikiran kalo siksa kubur lebih dahsyat rasanya daripada pertanyaan "lo potong rambut ya?"



5. PASTIKAN TIDAK ADA PAPARAZZI DI SEKITAR LO.

    Ini juga ga kalah penting, adanya Paparazzi akan membuat nilai jual lo turun drastis. Bayangin kalo misalnya satu sekolah lo, tempat kerja lo, atau keluarga lo tau kalo lo potong rambut sendiri. Itu Aib, men!! Ga keren banget gitu. Ada banyak salon mahal di Indonesia dan lo motong rambut sendiri???? ga keren, ga keren, hindari itu.



Dan itu aja yang bisa gw sampaikan. kurang lebihnya gw mohon maaf. Kata Sempurna bukan milik gw, juga bukan milik Bunda Dorce tapi milik Andra and the backbone. Bagus tidaknya Blog gw tolong sampaikan di kolom komen dibawah. Wassalamualaikum!

0 komentar:

Posting Komentar