Minggu, 08 Juni 2014

Makin gede makin nyadar

Udah sekitar sebulan gw lulus dari SMK dan sekarang masih dalam proses naro-naro lamaran walaupun dari pertama lulus sampe sekarang cuma naro sekitar 5 lamaran, dan itu juga selektif milih perusahaan. Bukannya apa, kalo gw orangnya emang selalu nyoba buat anti stress, jadi naro lamaran juga milih-milih yang sesuai perkiraan 'kira-kira bakal betah nggak ya?'. Nyoba konsultasi sama kaka perempuan tentang gimana cara nyari kerja yang baik dan benar. Soalnya dia udah lama kerja, dan pindah-pindah dari perusahaan yang satu ke yang satunya lagi.

Dulu waktu gw kecil, gw selalu berpikiran kalo kerjaannya orang dewasa tuh buat yang cewe cuma sebates nyuci piring, masak, nyapu, belanja, ngegosip, sama ngomelin anaknya aja. Sedangkan yang cowo, cuma sebates benerin meja yang rusak, benerin kran air yang patah, benerin barang-barang elektronik, ngerokok, ngopi, sama main catur di pos ronda sampe jam 3 subuh.

Nah, pas gw udah beranjak dewasa dikit, pikiran gw tentang kerjaan cewe bertambah, cewe tuh kerja jadi sekretaris di perusahaan fashion, sama jadi PSK. Soalnya waktu seumuran itu, banyak berita tentang PSK jadi saat itu sedikit ngerti apa itu PSK. Sedangkan kerjaan cowo cuma bertambah satu, godain janda kampung sebelah.

Trus sekarang selama proses pencarian kerja baru tau kalo sebenernya kerjaan manusia tuh banyak banget, ga cowo ga cewe, baru tau juga kalo hobi itu bisa jadi kerjaan yang ngehasilin uang, kaya nulis ato gambar, yang jadi hobi  gw banget.

Gw nyari kerja selalu online. situs jobsdb.com selalu jadi persinggahan gw tiap kali gw buka browser di warnet. Tadinya sih masih ngga tau begitu beragamnya kerjaan manusia karna setiap buka jobsdb cuma nyari kerjaan di bidang IT Networking doang karena sesuai sama jurusan yang gw pelajarin selama 3 tahun di SMK, Teknik Komputer dan Jaringan. Tapi gw nyoba iseng-iseng buka bagian Design di jobsdb, disitulah gw tersadar kalo apa yang gw suka bisa jadi kerjaan yang ngehasilin duit.
Selama 3 tahun gw sekolah emang gw udah ngerasa kaya salah jurusan. Karena lulus dari SMP ga ngebuat gw pinter tentang apa yang ada di luar sana, jadi gw emang bener-bener ga tau kalo sebenernya ada SMK jurusan Multimedia yang memungkinkan gw untuk bisa berkreasi lewat design.

Selama 3 tahun di SMK gw pun belajar Photoshop karena iseng, ditambah sama Adobe Illustrator. Ga ahli banget sih, mengingat gw belajar software itu secara otodidak dari tutorial di internet. Tapi selama 3 tahun gw sekolah, gw selalu diminta buat bikin design banner yang mau dipajang disekolah, kaya banner sambutan gitu, 'selamat datang siswa/i tahun ajaran baru', dan gw selalu seneng waktu ada projek bikin banner di sekolah, walaupun ga dibayar tapi namanya hobi bisa bikin bergairah.

Dan baru-baru ini nyoba iseng-iseng buka bagian Media dan periklanan di jobsdb, dan gw nemuin ada banyak kerjaan yang sesuai sama hobi gw, nulis. Gw pun naikin alis, dan dalem hati gw ngomong "ada banyak tempat buat ngelampiasin hobi gw, lagi"

0 komentar:

Posting Komentar